Karir Internasional Susilo Bambang Yudhoyono - Pekalonganisme

18 November 2014

Karir Internasional Susilo Bambang Yudhoyono

Pekalonganisme.com – Setelah memmpin Bangsa Indonesia sebagai presiden selama dua periode, mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi dilantik sebagai ketua baru Global Green Growth Institute (GGGI) di Songdo, Incheon (18/11/14). SBY dipilih menggantikan mantan Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen sebagai ketua melalui rapat dewan GGGI. Rencananya SBY akan menjabat sebagai pimpinan dewan dan juga menjadi Presiden Majelis GGGI selama dua tahun kedepan.
Didirikan tahun 2010 sebagai organisasi internasional pertama yang berbasis sekretariat di Seoul, Korea, GGGI tumbuh dengan keyakinan bahwa pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan tidak hanya untuk tujuan harmonisasi semata, integrasi keduanya sangat penting bagi masa depan umat manusia. GGGI bekerja sama dengan mitra di sektor publik dan swasta negara-negara berkembang di seluruh dunia untuk menempatkan wawasan lingkungan (green growth) di jantung perencanaan ekonomi.
Pada hari Rabu (18/11/14), SBY akan menjadi panelis dalam konferensi internasional "The Nexus between the Creative Economy and Green Growth" di Sheraton Hotel Incheon bersama Yoo Jeong-bok, Walikota Incheon; Yoon Seong-kyu, Menteri lingkungan hidup Korea; Mary Robinson, Sekjen PBB untuk perubahan iklim; Yvo de Boer, direktur umum GGGI; Sanjaasuren Oyun, Menteri lingkungan dan pembangunan hijau Mongolia; dan Loic Fauchon, presiden the World Water Council's.
GGGI menyatakan bahwa konferensi akan melihat ke dalam tiga topik yaitu teknologi, keuangan dan inklusivitas yang erat hubungannya dengan green growth. Para panelis juga akan mengangkat pentingnya kepemimpinan kreatif dalam menerjemahkan ide-ide green growth ke dalam tindakan.