Pekalongan Info: Indonesia Peringkat 107 Negara Terkorup di Dunia - Pekalonganisme

04 December 2014

Pekalongan Info: Indonesia Peringkat 107 Negara Terkorup di Dunia

Pekalonganisme.com - Lembaga Transparasi Internasional (Transparency International) telah merilis Indeks Persepsi Korupsi Dunia (IPK) tahun 2014 yang menilai 175 negara dan wilayah berdasarkan anggapan seberapa korup lembaga administratif dan politik dengan skala 0 (sangat korup) hingga 100 (sangat bersih) berdasarkan kombinasi survei dan penilaian dari "penyalahgunaan kekuasaan yang dipercayakan untuk keuntungan pribadi," CPI adalah indikator yang paling banyak digunakan korupsi di seluruh dunia.

Indeks gabungan ini bersi tiga belas data korupsi yang dihasilkan oleh berbagai lembaga independen yang kredibel. IPK digunakan untuk membandingkan  kondisi korupsi di suatu negara terhadap negara lain. IPK mengukur tingkat persepsi korupsi di sektor publik, yaitu korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara dan politisi.

Negara dengan peringkat rendah dianggap memiliki "tata kelola pemerintahan yang buruk, tidak dapat dipercaya dan memiliki lembaga sektor publik yang buruk seperti kepolisian atau media" sedangkan negara yang memiliki nilai tinggi ditemukan memiliki "tingkat tinggi kebebasan pers, proses anggaran terbuka dan mekanisme akuntabilitas yang kuat."

Denmark (92), Selandia Baru (91), Finlandia (89), dan Swedia (87) yang tercatat sebagai empat negara paling bersih dari tindak korupsi berbanding terbalik dengan empat negara dengan persepsi paling korup di dunia yaitu Somalia (8), Korut (8), Sudan (11) dan Afghanistan (12). 

Indonesia berada di peringkat 107 dengan nilai 34 naik dua poin dibandingkan skor tahun sebelumnya bersama Argentina dan Djibouti. Selain peningkatan skor IPK, Indonesia juga mengalami peningkatan peringkat setelah tahun 2013 IPK Indonesia berada di peringkat 114 dunia. Tren positif ini diharapkan mampu mendorong iklim investasi masuk ke Indonesia demi kemajuan Indonesia yang berkesinambungan.