Pekalongan Event: Gowes Sambil Belajar Owa Jawa - Pekalonganisme

03 December 2014

Pekalongan Event: Gowes Sambil Belajar Owa Jawa

Pekalongan, Pekalonganisme.com - Tidak hanya kaya akan keindahan batik, Pekalongan juga menyimpan banyak potensi bernilai yang tidak dimiliki daerah lain, bahkan negara lain. Sebut saja Owa Jawa (Hylobates moloch) atau kera kecil yang setia dengan pasangan hidupnya dapat ditemukan di hutan hujan tropis Pekalongan.  


Keberadaan Owa Jawa di kawasan hutan pegunungan yang asri merupakan potensi wisata bernilai tinggi yang disediakan oleh Pekalongan. Keberadaan Owa Jawa juga menjadikan Pekalongan sebagai tempat penelitian primata yang dikenal dunia. Keberadaan Owa Jawa di Pekalongan, secara tidak langsung telah menjadi identitias Pekalongan selain batik di tingkat internasional. 

Owa Jawa termasuk binatang di lindungi. Persebaran primata ini sangat terbatas karena hutan tempat berlindungnya semakin sempit, rusak, bahkan beralih fungsi. Lembaga konservasi dunia (IUCN) telah mengkategorikan Owa Jawa sebagai jenis satwa terancam punah (endangered).

Warga Pekalongan harus bangga dengan kekayaan daripada keberadaan kera-kera kecil ini. Keberadaan Owa Jawa sangat penting bagi ekosistem terutama sebagai penyebar biji-biji di hutan dan membatu regenerasi hutan secara alami. Perhatian para pemerhati primata, peneliti dan lembaga konservasi terhadap Owa Jawa di Pekalongan adalah satu hal kecil dari upaya menjaga hutan dan primata ini tetap hidup di habitat alaminya. 

Mari lestarikan Owa Jawa yang berada di Pekalongan dengan mempelajari habitatnya melalui acara Gowes bareng menjelajah hutan Sokokembang, Petungkriono, Kabupaten Pekalongan. Start di Lapangan Meyosi hingga finish di Air Terjun Sibeduk Sokokembang. Selain gowes bareng, acara yang akan digelar tanggal 7 Desember 2014 pukul 08.00 ini juga akan dimeriahkan dengan pameran foto Owa Jawa, tanam pohon yang menjadi sumber makanan bagi Owa Jawa, ngopi bareng dan tentunya terdapat undian berhadiah menarik. 

Mari memiliki, mencintai hutan dan Owa Jawa, tidak memburu, tidak memelihara, tidak memperdagangkan, dan tidak merusak hutan sebagai tempat hidup kera kecil kebanggaan Pekalongan.